Edisi Juni 2010

Guru Merdeka

Edisi kali ini mengangkat isu “Administrasi Pendidikan: Hambatan atau Penunjang Keberhasilan Pendidikan di Indonesia”. Administrasi pendidikan merupakan proses keseluruhan kegiatan pendidikan yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pelaporan, pengkoordinasian, evaluasi, pengawasan dan pembiayaan untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. Berhasil atau tidaknya suatu proses pendidikan, sangat bergantung pada pelasanaan administrasi pendidikan.

Ada banyak kebijakan administratif yang telah diterapkan, seperti standarisasi nilai, UN, sertifikasi, berbagai ragam model kurikulum dan lain-lain. Muncul pertanyaan mendasar, apakah administrasi pendidikan ini mendukung proses keberhasilan pendidikan atau justru menjadi penghambat? Apakah sesuai dengan filosofi pendidikan sebagai proses yang memerdekakan, atau justru memberi beban bagi guru, pelajar dan praktisi pendidikan lainnya?

Dalam kolom opini, Listia menulis sebuah artikel dengan judul “Administrasi Pendidikan, Belenggu atau Pemacu?”. Sedangkan dalam kolom info kegiatan, terdapat laporan proses diskusi bulanan FKGA yang dilaksanakan di SMP N 2 Yogyakarta pada hari Kamis, 20 Mei 2010.

Selamat membaca!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s